Tuesday, May 26, 2015

Pulau Pinjan Dan Pulau Maputi Sulawesi Tengah

Ekspedisi Pulau Pinjan Dan Pulau Maputi Sulawesi Tengah
Panorama kali ini tidak hanya berisi dokumentasi perjalanan saya di Bali saja, tapi beberapa pulau di luar Bali. Nama pulau yang saya kunjungi adalah Pulau Pinjan dan Pulau Maputi Sulawesi Tengah. 

PULAU PINJAN / TANJUNG MATOP
Secara geografis kawasan tersebut terletak antara 1° 19′ sampai 1° 22′ LU dan 121° 5,5′ sampai 121° 8′ BT, sedangkan menurut administratif pembagian wilayah, suaka margasatwa Pinjan/Tanjung Matop terletak di desa Pinjan dan desa Binontoan Kec. Tolitoli Utara, Kabupaten Tolitoli.

Selain untuk sarana pendidikan pengenalan hutan hujan, Pulau Pinjan juga bermanfaat untuk penelitian bidang biologi, ekologi, geologi maupun sosial budaya masyarakat suku Bajo (ditepi pantai). Serta olahraga menyelam (diving). Dan, Penelitian satwa burung Maleo yang berbeda musim bertelurnya dibanding ditempat lain (noted : tidak saya bahas dalam blog ini).

Akses
Terdapat tiga jalan untuk menuju ke SM.Pinjan/Tanjung Matop yaitu melalui jalan darat, laut, atau dengan perhubungan udara (pesawat terbang) dari kota Palu.
  1. Melalui udara dengan menggunakan pesawat Merpati jenis Cessna. Terbang setiap hari dari Palu-Tolitoli dan memakan waktu ± 50 menit, lau dilanjutkan dengan.
  2. Melalui perhubungan darat sejauh ± 95 km dari Tolitoli-Santigi-Laulalang-Pinjan dan Binontoan, memakan waktu ± 2 jam.
  3. Selanjutnya untuk menuju ke P. Pinjan dan Tanjung Matop (pantainya) menggunakan speed boat dari Santigi 2-2,5 jam atau melalui logpond PT. Regasia (lebih dekat) memakan waktu ± 10-20 menit.
Sumber : http://telukpalu.com

Pulau Pinjan & Pulau Maputi, Sulawesi Tengah

(Pulau Pinjan, Sulawesi Tengah)

(Pulau Pinjan, Sulawesi Tengah)

(Pulai Maputi, Sulawesi Tengah)

(Pulau Maputi, Sulawesi Tengah)

 .Dokumentasi Pribadi : Edyanta Sinuaji

* * *

No comments :

Post a Comment